top of page

Kategori :

Ramah Tamah & Journal Club : "Resilient City"


Pada tanggal 26 Januari 2018, PPI Stuttgart memulai tahun dengan acara Jounal Club dan ramah tamah. Mungkin ada yang masih bertanya apa itu Journal Club? Journal Club merupakan salah satu acara berkumpulnya anak-anak PPI Stuttgart untuk membahas satu atau dua topik dengan seorang atau dua orang narasumber. Acara yang berlangsung sekitar 2 jam kemarin membahas tentang Resilient City, dengan narasumber seorang mahasiswi University Stuttgart yaitu Oktiani Putri.


Resilient City, bila diartikan secara harfiah adalah kota yang tahan atau tangguh saat menghadapi beberapa hal, seperti terorisme, bencana alam, atau perubahan sistem perkotaan. Sebuah kota dapat disebut kota yang tangguh apabila penduduk maupun infrastruktur di kota tersebut dapat recovery dengan cepat setelah terjadi suatu perubahan atau bencana di kota tersebut, dan menjadi siap untuk menghadapi bencana yang sama di kemudian hari. Menjadi siap disini maksudnya adalah pemerintah dan penduduk kota menjadi lebih aware dan mencari cara untuk menanggulangi masalah bencana yang sama. Pemerintah dapat mulai menyelenggarakan penyuluhan penanggulangan bencana atau membuat perencanaan tata letak kota yang lebih baik dalam menanggulangi kemungkinan bencana di kemudian hari. Penduduk pun mengetahui apa yang dilakukan saat bencana tersebut terjadi. Mitigasi bencana lebih baik dilakukan dibandingkan menanggulangi setelah bencana terjadi. Mitigasi dapat mengurangi dampak dari bencana tersebut dan meningkatkan ketahan dari masyarakat yang rentan bencana, seperti wanita dan orang-orang tua. Satu hal yang juga penting untuk membangun resilient city adalah hubungan kerjasama masyarakat dan pemerintah untuk menghadapi masalah tersebut. Kota di Indonesia yang termasuk resilient city antara lain Jakarta dan Semarang.


Acara journal club ini ditutup dengan acara ramah tamah, yang berisi perkenalan kepengurusan PPI Stuttgart yang baru periode 2017-2018 dan penjelasan program kerja selama setahun. Sekian review Journal Club pertama di tahun 2018. Bagi teman-teman yang kemarin berhalangan hadir, jangan bersedih, karena masih akan ada lagi Journal Club dan acara PPI selanjutnya. Stay tune on our Facebook!


1 view0 comments
bottom of page