top of page

Kategori :

Hello Stuttgarter !! : Fiqa R. Wilujeng - Melestarikan Budaya Seraya Menolong Sesama

Updated: Feb 11, 2019

Nama lengkap gadis manis berumur 23 tahun asal Bogor ini adalah Fiqarunissa Rachma Wilujeng atau biasa dipanggil Fiqa. Dia merupakan lulusan Sastra Jerman angkatan 2011 Universitas Padjadjaran Bandung. Kesibukan Fiqa saat ini adalah melakukan kerja sosial atau disebut Freiwilliges Soziales Jahr di sekolah anak berkebutuhan khusus di Stuttgart selama 6 bulan. Ketika ditanyakan mengapa memilih FSJ, Fiqa menceritakan bahwa bekerja sebagai FSJ dapat melatih kemampuan berbahasa Jerman-nya karena sehari-hari dia berinteraksi dengan rekan-rekan kerja  serta anak-anak di sekolah. Selain itu, dalam program ini pun banyak diselenggarakan seminar-seminar inspiratif setiap 2 bulan sekali. Dalam seminar ini, para FSJ dipertemukan dan dapat saling bertukar cerita.

Gamelan Performance dari Kridha Budaya Sari Stuttgart. Photo by: Kefas Janesputra

Untuk mengisi waktu luang, Fiqa pun bergabung dengan grup <strong>Gamelan</strong> dan <strong>Angklung Stuttgart</strong> yang melakukan latihan setiap hari selasa. Fiqa pun menceritakan pengalaman seminarnya saat bekerja sebagai FSJ. Seminar ini terkait anak-anak berkebutuhan khusus dan penyebabnya, kemudian bagaimana cara menghadapi anak-anak berkebutuhan khusus ini. Selain itu, seminar ini pun menjadi wadah bertukar cerita di tempat bekerja. Yang menarik lagi dari seminar ini adalah adanya games dan aktivitas di luar ruangan yang menjadikan seminar ini tidak membosankan.



Angklung Stuttgart saat MANUSIA - Photo by: Muhammad Zhafran

Tips untuk hidup di Jerman dari Fiqa, jangan malu bertanya meskipun berbeda bahasa dan budaya. Karena dengan bertanya akan lebih cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan.


16 views0 comments
bottom of page